• Articles

10 February 2015

Ini 30 Kiat Sukses Mark Zuckerberg Yang Bisa Kamu Contek Untuk Kesuksesanmu!


Siapa sih yang enggak kenal Mark Zuckerberg? Si pendiri facebook ini baru aja ulang tahun yang ke 30 tahun lho di tanggal 14 Mei kemarin.

Dan di usianya yang ketiga puluh ini, ada 30 hal darinya yang bisa kamu contek biar bisa ikutan sukses! Langsung tengok aja yuk apa – apa aja yang bisa kita contek dari si jutawan kaya raya termuda ini! Siapa tahu kita benar – benar bisa ketularan sukses.

 

1. Temukan Hal Yang Menjadi Passionmu

Salah satu yang pantas ditiru dari Mark Zuckerberg adalah passionnya untuk mengembangkan situs facebook miliknya. Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passionmu, maka kamu akan memiliki energi tak terbatas untuk berusaha semaksimal dan sebaik mungkin. Ini juga berarti kamu akan memiliki energi untuk bangkit saat ada masalah dalam usahamu.

 

2. Lakukan Hal Penting Yang Bisa Kamu Lakukan

Zuck menjalani hari – harinya dengan membuat skala prioritas tentang hal yang akan dilakukannya. Menurut pengakuannya, hampir setiap hari dia terbangun dengan pertanyaan "Apakah aku telah melakukan hal terpenting yang bisa aku lakukan?”

Membuat skala prioritas ini akan membuatmu fokus terhadap permasalahan – permasalahan yang menuntut perhatianmu terlebih dulu, sehingga kamu tidak akan membuang – buang waktu dengan masalah sepele dan mengabaikan masalah penting yang ada di depan matamu. Jadi mulai belajar buat skala prioritas yuk!

 

3. Ingatlah Bahwa Sukses Ada Setelah Kegagalan

Udah pada tau kan kalau sebelum membuat Facebook, Zuck telah lebih dulu membuat situs Facemash? Namun ternyata Facemash ini tidak berkembang baik, atau mungkin bisa juga dibilang gagal. Namun dari kegagalan ini Mark justru bisa berinovasi dan belajar dari kegagalannya dengan membuat Facebook yang tentu saja akrab banget buat kita.

 

4. Jangan Gampang Tergiur Dengan Penawaran Pertama

Apa yang terjadi jika Zuck menjual Facebook terlebih dulu tanpa menjualnya ke pasar modal? Ya, ya sudah pasti sih Zuck tidak akan menjadi miliuder termuda saat ini. Sebelum dibuka ke pasar modal, telah banyak orang – orang yang ngantri buat beli Facebook. Tapi toh Zuck tetap keukeuhmertahanin si Facebook hingga sesukses sekarang.

Jadi mulai percaya pada prinsip dan hati nurani kita ya, pilih tawaran yang bener – bener pas dan nguntungin buat kamu. Kalau kamu sendiri nggak yakin ya jangan diambil tawarannya.

 

5. Persiapkan Dirimu Dari Beragam Kritik

Setelah menyakini prinsip dan kata hatimu, kamu harus mulai menyiapkan dirimu untuk beragam kritik, baik kritik yang menyerang maupun kririk yang membangun ditujukan untukmu. Facebook enggak mungkin bisa sebesar sekarang jika Zuck tidak siap dengan kritik – kritik hingga pelarangan situs Facebook dari beberapa penjuru dunia.

 

6. Tetapkan Tantangan – Tantangan Pribadimu

Tahukah kamu jika setiap tahunnya Mark Zuckerberg memiliki resolusi tahunan yang ingin diwujudkannya? Bahkan pada tahun 2010 yang lalu Zuck rela belajar bahasa Mandirin agar bisa berkomunikasi dengan keluarga Priscilla Chan, istrinya yang merupakan keturunan Amerika – Cina.

Kamu sendiri udah punya resolusi tahunan, belum?

 

7. Jangan Takut Buat Ambil Resiko

Motto Facebook pada awal berdirinya adalah "Larilah dan jangan takut untuk menjadi beda!” Motto seperti inilah yang ditanamkan Zuck pada pegawai – pegawainya. Dan dengan budaya "trial and error” inilah Facebook kemudian dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu situs terbesar di dunia.

Lalu, kamu masih malu – malu kucing buat ngambil resiko sekarang?

 

8. Biarkan Saja Orang Meremehkanmu

Pada sebuah wawancara Zuck mengatakan bahwa dia lebih nyaman untuk berada di lingkungan yang meremehkannya. Menurutnya, hal ini secara personal memberikan ruang gerak yang lebih bebas baginya dan diremehkan orang lain membuatnya ingin "balas dendam” dengan mengejutkan mereka melalui apa yang bisa dilakukannya. Hmmm, kira – kira kamu setuju nggak sama Mark?

 

9. Tetaplah Rendah Hati Dan Sederhana

Meskipun telah menjadi jutawan yang kaya raya, Mark Zuckerberg tidak lantas berfoya – foya dengan harta kekayaannya. Dibandingkan untuk memilih mobil – mobil mewah dan rumah megah, ternyata Zuck lebih memilih untuk fokus mengembangkan Facebook, bahkan untuk ini dia lebih memilih untuk tinggal di Palo Alto, dekat kantor Facebook.

 

10. Bekerjasama Dengan Orang – Orang Yang Melengkapi Kelebihanmu

Zuck ternyata paham betul bahwa sukses tidak mungkin dicapai seorang diri, dan memang tidak mungkin kita bisa sukses dengan cepat tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu cobalah bekerjasama dengan rekan yang mampu melengkapi kelebihan yang telah kamu miliki saat ini.

 

11. Bedermalah!

Percaya atau tidak, pada tahun 2013 yang lalu Mark Zuckerberg tercatat menjadi salah satu orang paling dermawan dengan menyumbang 990 juta dolar untuk amal! Waah, nah jangan pelit – pelit donk sekarang!

 

12. Menjadi Eksklusif

Eksklusivitas bukanlah hal yang buruk, bahkan dia mampu menambah daya tarik usaha – usahamu. Saat Facebook pertama kali diluncurkan dia hanya dapat diakses oleh anak – anak yang tergabung dalam Ivy League. Cara seperti ini ternyata berhasil menambah minat dan rasa penasaran orang – orang untuk ikut bergabung bersama Facebook.

 

13. Jangan Mudah Merasa Terintimidasi Dengan Kompetitor

Kita tentu masih ingat donk dengan Friendster, MySpace dan situs lain yang lebih dulu berjaya sebelum Facebook. Namun Mark tidak keder dengan kesuksesan yang dicapai oleh para pesaingnya itu, dia justru tetap berinovasi dan berusaha keras untuk membesarkan Facebook hingga seperti sekarang.

Oleh karena itu, persiapkan mentalmu agar tidak mudah terintimidasi dengan rangking, posisi, ataupun dengan kesuksesan yang dicapai oleh kompetitormu. Tetaplah berinovasi dan lakukan yang terbaik!

 

14. Persiapkan Rencana Jangka Panjang

Seorang penulis buku Think Like Zuck menyebutkan bahwa terkadang Zuck akan merekrut orang hanya berdasarkan passion dan sikap yang mereka miliki. Setelah itu, Zuck baru akan memikirkan proyek seperti apa yang sesuai dengan passion dan keinginkan orang tersebut.

 

15. Dream Big!

Jangan pernah takut untuk bermimpi besar! Bermimpilah setinggi – tingginya dan berusahalah semaksimal mungkin untuk menjadikan mimpimu menjadi kenyataan! Jika seorang Mark Zuckerberg tidak pernah bermimpi untuk memiliki 500 juta user tidak mungkin Facebook akan menjadi top situs saat ini, bukan?

 

16. Jangan Mudah Menyerah

Facebook juga pernah mengalami masa – masa sulit. Saat musim panas pertama, Facebook hanya bergantung pada suntikan dana orangtua Zuck.

 

17. Jangan Takut Untuk Membuat Kesalahan

"Banyak pebisnis yang takut untuk membuat kesalahan sehingga mereka takut untuk mengambil resiko.” Menurut pangakuannya, Zuck membangun Facebook untuk membangun nilai – nilai, dan tidak terlalu mementingkan benar – salah yang dilakukan oleh pegawainya.

 

18. Ambil Resiko!

Zuck membesarkan Facebook dengan cara yang unik, yakni dengan menolak tawaran – tawaran investor besar yang datang padanya. Dia mengabaikan semua panggilan dan janji yang datang kepadanya dan percaya bahwa hal itu akan menaikan daya tawar Facebook. And yeah, that’s work!

 

19. Uang Bukanlah Segalanya

Saat Facebook masih merintis dan belum dapat menghasilkan uang, Zuck sering menekankan bahwa uang bukanlah segala – galanya. Bahkan dia berpendapat bahwa servis mereka bukanlah untuk menghasilkan uang, namun uang digunakan untuk menghasilkan servis yang lebih baik.

 

20. Cari Orang – Orang Yang Mau Bekerja Untukmu

Menurut Zuck cara yang paling gampang untuk menilai pegawai adalah dengan bekerja lembur. Jika eorang pegawai bekerja lembur tanpa mengeluh ini dan itu, maka kamu pantas untuk mempertahankannya.

 

21. Dan Bangunlah Sebuah Tim Yang Solid

Bagi Zuck sebuah tim yang baik terdiri dari orang – orang yang dapat duduk bersama dan membuat sebuah keputusan untuk kepentingan bersama daripada orang – orang yang bekerja secara individual.

Zuck juga menambahkan bahwa saat membangun kerjasama tim kamu juga harus memikirkan dinamika dan masalah yang mungkin terjadi di dalam grup sehingga bisa menghasilkan keputusan yang lebih baik.

 

22. Pikirkan Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Kompetitormu

Pada awal merintis Facebook, Zuck seringkali memikirkan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh para pesaing – pesaingnya. Dia bersama dengan timnya seringkali akan bertahan di kantor hingga mereka menemukan kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor lainnya.

 

23. Kamu Tidak Sebaik Dan Seburuk Seperti Apa Yang Dikatakan Orang Tentangmu

Ingatlah baik – baik bahwa kamu tidaklah sebaik dan seburuk seperti apa yang dikatakan orang tentangmu! Apapun yang mereka katakan ambilah sebagai bahan pembangun agar kamu bisa melakukannya lebih baik lagi.

Janganlah cepat puas saat kamu mendapatkan pujian, karena saat kamu puas kamu akan berhenti berinovasi dan masuk ke zona nyaman yang akan merugikan kamu sendiri. Begitu juga saat kamu mendapatkan kritik, jangan jadikan kritik sebagai alasanmu untuk putus asa dan berhenti mencoba. Keep fighting guys!

 

24. Terus Lakukan Hal Yang Kamu Percayai

Sudah berapa kali kalian ngedumel gara – gara tampilan facebook yang berubah – ubah nggak jelas? Tapi sekarang bisa jadi kamu justru telah terbiasa atau malah menyukainya. Hal ini yang dilakukan oleh Zuck, dia tetap melakukan ide – ide yang dipercayainya meskipun banyak orang yang mencemooh dan meragukan ide – idenya.

 

25. Tetaplah Up To Date!

Sebagai orang berkecimpung di bidang teknologi, Zuck membiarkan dirinya untuk tetap mengetahui perkembangan di bidang teknologi, dan dia tak pernah lelah untuk mencari inspirasi dari perkembangan itu untuk membuat Facebook lebih baik.

Karena itu, mulai sekarang jangan capek buat nyari info tentang apapun, terutama pada hal – hal yang menjadi minatmu, dan terus amati orang – orang yang expert di bidang itu. Orang – orang expert inilah yang bisa kamu jadikan guru untuk membuatmu lebih baik dan lebih sukses!

 

26. Hargai Orang – Orang Yang Telah Bekerja Untukmu

Zuck mengerti bahwa dia akan mendapatkan kontribusi yang lebih baik dari para karyawannya saat mereka merasa bahagia. Oleh karena itu Zuck akan memberi banyak bonus – bonus bagi para karyawannya yang telah bekerja dengan baik sehingga mereka merasa bahagia dan bekerja lebih baik lagi untuk kedepannya.

 

27. Bertahanlah Dari Tekanan – Tekanan, Baik Eksternal Maupun Internal

 

Salah satu kelebihan Zuck yang juga diakui oleh dunia adalah kelebihannya untuk bertahan dalam tekanan – tekanan yang dialaminya, baik tekanan eksternal maupun tekanan internal. Kelebihan ini tentu saja sangat membantu untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Dan kini kita udah lihat betapa luar biasanya kelebihan ini jika diterapkan.

 

28. Jangan Terlena Dengan Comfort Zone Saat Kamu Sedang Memimpin

Zuck tetap menjaga ritme kerjanya, walaupun dia tahu dia telah berada selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitornya. Dia tetap membuat inovasi – inovasi yang membuatnya tetap berada selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor – kompetitornya.

 

29. Jangan Gampang Takut!

Saat Zuck masih muda dia telah terbiasa untuk berani mengambil resiko, bahkan kebiasaan ini juga dia terapkan di Facebook. Para karyawan Facebook dibebaskan untuk berkreasi dan mengeksekusi ide – ide yang dimilikinya. Nilai yang ditanamkan di Facebook ini adalah percaya pada mimpimu!

 

30. Menyelesaikan Sesuatu Lebih Baik Daripada Mencari Kesempurnaan

Pelajaran terakhir yang bisa kita contek dari Zuck adalah bahwa menyelesaikan sesuatu itu jauh lebih baik daripada menunggu – nunggu sesuatu itu untuk sempurna.

Zuck paham benar bahwa di dunia ini tidak ada sesuatupun yang sempurna, jadi akan lebih baik bagimu untuk fokus dan menyelesaikan satu hal karena paling tidak kamu telah menyelesaikan sesuatu, dan kamupun bisa bebas untuk memperbaiki hal – hal yang telah kamu selesaikan.

 

So, itulah 30 pelajaran dan kiat – kiat yang bisa kita contek dari pendiri Facebook yang kaya raya dan super duper terkenal! Kita coba juga biar ikutan kaya raya, yuk!

 

 

(sumber : hipwee.com)

  • share this post

TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014