• Articles

01 February 2015

MENDIDIK ANAK MELALUI PERMAINAN DAN MAINAN


Sumber: blokbojonegoro.com


Untuk balita, bermain adalah pekerjaan mereka. Dengan kata lain, bermain adalah dunia mereka tanpa disadari selain bersenang-senang mereka juga belajar sesuatu. Sejak mereka lahir, itulah saatnya bagi mereka untuk menjelajahi dunia. Permainan dan mainan akan membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik dan indra. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus membiarkan anak-anak Anda bermain, bersenang-senang dan mendukung mereka.

 

Bermain dengan anak-anak Anda, membimbing mereka, tetapi tidak mengatur mereka. Biarkan mereka memutuskan sendiri tentang jenis permainan yang mereka inginkan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak Anda. Selain itu, Anda tidak perlu membayar mahal untuk bersenang-senang dengan anak-anak Anda. Bermain sambil belajar bisa dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti:


1. Aktivitas fisik.
Secara harfiah, melakukan kegiatan fisik seperti merangkak, berjalan, berayun, berlari atau melompat. Merangkak misalnya, berguna untuk melatih keterampilan motorik mereka, juga mengaktifkan otak kanan dan kiri. Ketika anak Anda merangkak, Anda bisa menemaninya dan melakukan seperti yang dilakukannya. Anda bahkan dapat membuat seperti perlombaan untuk tujuan tertentu. Berlari, berjalan, dan melompat juga merupakan cara yang bagus untuk membiarkan balita Anda mengembangkan diri. Selain itu, tubuh balita Anda akan menjadi lebih kuat.


2. Memanfaatkan benda-benda yang ada.
Anda tidak perlu membeli mainan mahal hanya untuk bersenang-senang. Gunakan alat yang tersedia di rumah Anda. Anda dapat membiarkan mereka mengeksplorasi keadaan disekitar mereka dengan alat-alat rumah tangga atau perlengkapan seperti sendok kayu, wajan, ember, dan peralatan dapur lainnya. Anda dapat membuat musik dari panci dan ember, memutar tutupnya, atau bermain dengan cermin, dan lain-lain. Anda harus kreatif dan spontan untuk menggunakan segala sesuatu di sekitar Anda.


3. Menggunakan permainan dan mainan pendidikan.
Untuk jenis kegiatan ini, Anda perlu mengeluarkan uang. Membeli mainan atau permainan yang akan merangsang keingintahuan mereka dan kreativitas. Umumnya, game-game pendidikan dan mainan yang sengaja dirancang untuk tujuan tertentu. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih mainan yang tepat.

 

Pastikan bahwa mainan dapat digunakan dengan berbagai cara, dengan beberapa manfaat dan tujuan. Temukan mainan yang cocok untuk usia mereka dan berfungsi untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan, baik fisik, emosional, sosial, pengetahuan, dan apakah dalam bentuk daya nalar, bahasa, konsep dasar, warna, dan bentuk . Jangan lupa aspek keamanan, baik dari cat, warna, dan bahan dasar.

 

sumber: mendidikanakanak.blogspot.com

  • share this post

Talkshow
TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014