• Articles

30 January 2015

Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Pendidikan Dunia


Tahu kah Anda? Perkembangan pendidikan yang ada di dunia ternyata tak lepas dari peran penting beberapa tokoh dunia berikut ini. Beberapa tokoh berikut tercatat telah melakukan berbagai pergerakan dan inovasi untuk mengembangkan dan membangun pendidikan yang lebih baik. Nah kira-kira, siapa saja ya tokoh-tokoh paling berpengaruh di bidang pendidikan dunia tersebut? Yuk, simak bahasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Al Ghazali

Salah satu tokoh paling berpengaruh di bidang pendidikan dunia adalah Al Ghazali. Al Ghazali telah menunjukkan rasa cintanya terhadap ilmu pengetahuan sejak ia masih anak-anak. Hal tersebut juga ia tunjukkan dengan kegigihannya dalam mencari ilmu dengan beberapa tenaga pengajar yang ada di tempat lahirnya. Al Ghazali juga diketahui sebagai muslim yang sangat cakap menjelaskan konsep pendidikan yang menurutnya meliputi dari tujuan pendidikan, metode pembalajaran, etika guru, kurikulum dan siswa.

 

2. John Locke

Bukan hanya Al Ghazali, John Locke pun ternyata juga dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh lainnya dalam bidang pendidikan dunia. John Lock mendapatkan gelar sarjana mudanya pada tahun 1656 dari Universitas Oxford. Setelah mendapatkan gelar sarjana muda, ia kemudian mendapatkan gelar sarjana penuh dua tahun kemudian. Kala itu, John Locke yang masih remaja diketahui begitu tertarik dengan ilmu pengetahuan. Ketertarikannya tersebut membuatnya terpilih menjadi salah satu anggota Royal Society pada usia yang menginjak 36 tahun. Lain halnya dengan Al Ghazali, John Locke lebih menyoroti masalah kurikulum dalam pendidikan. Menurutnya, kurikulum yang diterapkan dalam sistem pendidikan harus diarahkan dengan baik untuk mendapatkan kecerdasan individual, kemampuan, serta keistimewaan anak-anak agar mereka dapat mengusasai dan memahami pengetahuan dalam arti yang sebenarnya, bukan hanya untuk memenuhi kewajiba mengajar saja.

 

3. John Dewey

John Dewey merupakan tokoh lain yang memiliki pengaruh besar dalam bidang ilmu pengetahuan. Dewey dikenal kerap melakukan berbagai penelitian tentang sistem pendidikan yang diterapkan di beberapa sekolah. Setelah melakukan penelitian, ia kemudian menerapkan teori yang ia kembangkan pada beberapa sekolah. Implementasi yang dilakukan oleh Dewey kemudian mampu mengganti sistem pendidikan tradisional yang lebih menghafalkan kemampuan mendengar dan menghafal seseorang selama ini dengan sistem pendidikan yang menekankan kreativitas dan keterlibatan para murid dalam sebuah diskusi efektif untuk mendapatkan pemecahan masalah.

 

4. Ibnu Sina

Satu lagi tokoh yang memiliki pengaruh besar dalam bidang ilmu pengetahuan. Ia adalah Ibnu Sina. Ibnu Sina dikenal sebagai seorang intelektual muslim yang pernah menyatakan bahwa tujuan utama pendidikan sebenarnya harus diarahkan pada pengembangan potensi yang dimiliki oleh seseorang. Bukan hanya dengan mengembangkan fisik, namun juga mengembangkan intelektual dan tingkah laku yang dimiliki oleh seseorang. Sebab dengan begitu, maka orang tersebut dapat siap hidup dalam masyarakat umum.

 

(sumber: segiempat.com)

  • share this post

Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014