• Articles

25 January 2015

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin D Tertinggi


Vitamin D merupakan salah satu Vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, terutama untuk kesehatan tulang dan Gigi. Vitamin D berperan penting dalam menyerap Kalsium dan Mineral untuk kekuatan Tulang kita. Vitamin D yang dapat larut dalam lemak ini juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit diabetes dan berbagai jenis penyakit kanker. Pada dasarnya, Vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh manusia pada saat terkena paparan sinar matahari. Vitamin D merupakan satu-satunya Vitamin yang dapat diproduksi oleh tubuh manusia.

 

Recommended Daily Allowance (RDA) atau Angka Kebutuhan Vitamin D yang direkomendasikan oleh Institute of Medicine Amerika Serikat adalah sekitar 600IU (15mcg) per hari, sedangkan batas maksimum konsumsi Vitamin D adalah 4.000IU per hari.  Kekurangan Vitamin D yang juga disebut dengan Defisiensi Vitamin D akan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa Penyakit yang disebabkan oleh kekekurangan Vitamin D (defisiensi Vitamin D) diantaranya seperti:

 

  • Osteoporosis (tulang keropos)
  • Rheumatoid arthritis (radang sendi)
  • Penyakit Osteomalasia (hilangnya unsur fosfor dan kalsium secara berlebihan)
  • Diabetes (penyakit kencing manis)
  • Penyakit Rakitis (pelunakan tulang pada anak-anak)
  • Kanker payudara
  • Kanker endometrium

 

Makanan yang mengandung Sumber Vitamin D Tertinggi

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama untuk menghindari penyakit-penyakit yang disebut diatas, kita perlu mendapatkan Vitamin D sesuai dengan yang direkomendasikan yaitu 600IU setiap harinya. Salah satu sumber Vitamin D yang terbaik adalah melalui paparan sinar matahari selama 20 menit hingga 25 menit setiap harinya. Selain Sinar Matahari, Vitamin D ternyata juga bisa didapat dari berbagai macam makanan. Berikut ini adalah 10 Makanan yang merupakan sumber Vitamin D tertinggi :

 

  1. Minyak Ikan Cod (Cod Liver Oil)
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 10.000IU
    Daily Value (DV) : 1.667%
    Keterangan : Satu sendok Makan (sekitar 14gr) Minyak Ikan Cod mengandung 1.400IU. Dengan takaran tersebut, kebutuhan Vitamin D bagi tubuh kita sudah terpenuhi.
  2. Ikan-ikan Berminyak (Salmon, Trout, Mackerel, Tuna)
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 759IU
    Daily Value (DV) : 127%
  3. Jamur (terutama Jamur Portabella)
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 446IU
    Daily Value (DV) : 76%
  4. Sereal Gandum
    Kandungan Vitamin D dalam100mg : 333IU
    Daily Value (DV) : 56%
  5. Tahu
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 157IU
    Daily Value (DV) : 26%
  6. Telur Ikan
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 117IU
    Daily Value (DV) : 20%
  7. Susu (yang diperkaya dengan Vitamin D)
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 110IU
    Daily Value (DV) : 18%
  8. Telur
    Kandungan Vitamin D dalam 100mg : 87IU
    Daily Value (DV) : 15%

 

       Catatan : 
  • Selain menggunakan IU (International Unit) dalam menghitung takaran Vitamin D, terdapat juga satuan-satuan unit seperti mcg atau µg (micro gram).
    1 mcg = 40IU
    Vitamin D disebut juga dengan nama Kalsiferol.
     

(sumber : makan-bervitamin-d-tertinggi)

  • share this post

TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014