• Articles

21 December 2014

10 Alasan Kenapa Anda Harus Membaca Buku


Kapan terakhir kali Anda membaca buku? Satu minggu, satu bulan, atau bahkan satu tahun yang lalu? Nah, buat Anda yang sudah lama tidak membaca buku, sebaiknya dipikirkan kembali. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa membaca buku memberikan banyak manfaat bagi manusia, beberapa diantaranya berdampak positif bagi kesehatan.

 

Simak manfaat membaca buku yang berhasil Brighterlife rangkum untuk Anda semua.

 

 1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Buku fiksi biasanya memiliki alur cerita yang menarik dan tidak membosankan. Cerita fiksi memancing para pembacanya untuk berimajinasi terhadap karakter-karakter yang ada dengan persepsi yang berbeda. Proses inilah yang membuat otak kita bekerja sehingga secara mengagumkan kita bisa mengingat semua plot cerita dari ratusan halaman. Ini merupakan latihan yang baik bagi otak kita. Tentu saja, hasilnya akan maksimal jika dilakukan secara rutin.

 

2. Menjauhkan dari Penyakit Alzheimer

Para peneliti menemukan adanya pertumbuhan sel-sel otak dari orang-orang yang sering membaca buku. Daya ikat otak juga akan meningkat jika dilatih secara teratur. Tidak hanya membaca buku, kegiatan seperti mengisi teka-teki silang, atau bermain Sudoku juga bisa mencegah kehilangan memori dan menjauhkan dari penyakit Alzheimer.

 

3. Memiliki Kemampuan Analisa yang Baik

Saat membaca buku fiksi, pernahkah Anda mendengar diri Anda sendiri berkata, "sepertinya saya tahu akhir dari cerita ini,”. Jika iya, maka itu pertanda bahwa kemampuan analisa Anda sedang bekerja. Jika prediksi Anda seringkali benar, maka otak Anda telah bekerja dengan baik.

 

4. Meredakan Stres

Tidak peduli betapa beratnya rutinitas, seperti beban pekerjaan atau permasalahan hubungan dengan pasangan, rangkaian kata yang indah bisa memancing otak untuk rileks. Novel atau cerita fiksi yang ditulis dengan indah bisa memancing otak untuk sejenak melupakan beban yang ada sehingga stres Anda pun bisa berkurang.

 

5. Mendapatkan Hiburan Gratis

Buku yang menarik atau buku yang bagus biasanya dijual dengan harga yang tidak murah. Tapi, Anda bisa mendapatkannya secara murah bahkan gratis jika mau sedikit berusaha. Manfaatkan perpustakaan umum yang memiliki stok buku lengkap. Selain itu, banyak juga sumber online di internet yang menawarkan buku bacaan gratis dalam format digital.

 

6. Menambah Stok Ilmu Pengetahuan

Setiap paragraf yang Anda baca dari sebuah buku akan menambah stok informasi dan pengetahuan yang baru. Bekal inilah yang akan membantu jika kelak Anda menghadapi tantangan, baik di lingkungan keluarga maupun pekerjaan.

 

7. Memiliki Tingkat Konsentrasi yang Baik

Orang yang membaca buku biasanya memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Membaca buku membuat otak kita fokus dan konsentrasi. Hal ini membantu kita dalam mengembangkan keterampilan objektivitas.

 

8. Menumbuhkan Kemampuan Menulis

Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk banyak menulis, seperti seorang jurnalis, public relation, atau bahkan musisi, membaca buku sangat disarankan. Buku yang ditulis dengan baik bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam menyusun kata-kata yang indah dan menarik.

 

9. Memberikan Ketenangan

Sangat mungkin jika tubuh menjadi rileks saat membaca buku. Penelitian sudah membuktikan bahwa membaca buku spiritual bisa menurunkan tekanan darah sekaligus menenangkan hati.

 

10. Memiliki Kosa Kata yang Luas

Semakin banyak Anda baca, semakin banyak juga kosa kata yang dimiliki. Percaya atau tidak, orang yang memiliki kosa kata yang beragam akan lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum. Hal ini sangat baik untuk karier Anda di pekerjaan bukan? Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah kosa kata dari bahasa asing.

 

So, Brighter Friends! Sudah tidak ada alasan lagi ya untuk malas membaca buku. Ternyata, selain baik untuk kesehatan, membaca buku juga bisa meningkatkan karier kita lho.

 

sumber: brighterlife.co.id

 

  • share this post

Talkshow
TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014