• Articles

29 October 2014

Menumbuhkan Minat Baca Anak Berawal Dari Komik


Banyak hal yang bisa dilakukan orang tua dalam menumbuhkembangkan minat anak terutama dalam hal membaca. Salah satunya dengan membiasakan mendogeng sebelum tidur, aktivitas ini sangatlah jarang dilakukan oleh orang tua yang notabene sibuk bekerja dan pulang malam. Padahal membiasakan mendongeng dapat membantu menumbuhkan minat membaca pada anak dan juga dapat menyampaikan nilai – nilai moral yang ada dalam alur cerita dogeng tersebut. Mulailah dari buku yang paling ringan baik ceritanya maupun gambar yang ada didalamnya. Anak akan termotivasi ketika melihat orang tuanya begitu antusias membaca, anak akan penasaran sehingga termotivasi untuk meniru rutinitas orang tuanya.

Sebagai langkah awal, buku komik dianggap buku yang paling menarik bagi anak-anak. Buku cerita yang menarik dengan dikemas sedemikian rupa, baik dari segi cerita dan gambarnya. Bagi sebagian orang dewasa kebanyakan komik anak-anak bukanlah bahan bacaan yang baik. Namun sesungguhnya, komik sangat membantu anak mengawali kecintaannya pada buku. Banyaknya gambar dengan bahasa yang pendek serta ringan selaras dengan kemampuan anak di tahap awal yang belum terbiasa membaca kalimat–kalimat padat dan lengkap. Sehingga, biarkanlah anak mencintai dan membaca komik, tentunya disesuaikan perkembangan usianya.

Hindari aktivitas anak dari televisi dan game gadget, karena keduanya merupakan musuh besar bagi anak–anak. Tayangan keduanya hanya menitikberatkan pada gambar dan suara, justru membuat anak malas membaca. Parahnya lagi, gambar yang ada dalam televisi dan gagdet begitu cepat bergerak dan berganti, membuat anak tak terbiasa berkonsentrasi. Padahal membaca dapat melatih anak konsentrasi. Sekarang ini anak yang banyak menonton televisi dan bermain game sulit untuk bisa menyukai buku.

Selanjutnya, tumbuhkanlah motivasi anak. Janganlah memaksa anak untuk membaca buku–bukunya dengan harapan agar mereka terbiasa membaca. Sesungguhnya seseorang akan bangkit motivasinya untuk melakukan sesuatu bila ia telah menemukan keasyikan dan kenikmatan. Yang lebih penting diperhatikan adalah menumbuhkan keasyikan anak terlebih dahulu. Salah satunya dengan memberikan kebebasan memilih sendiri buku yang akan ia baca, tentunya buku yang sudah kita pilih dan disesuaikan dengan perkembangan usianya.

Akhirnya, akan tiba saatnya anak mulai membaca buku jenis lain dari biasanya ia baca. Segeralah orang tua memberikan fasilitas agar anak bisa mengenal lebih banyak lagi variasi buku lainnya. Segalanya menjadi lebih mudah ketika anak sudah tak terpisahkan dari buku–bukunya. Mereka mulai tertarik mengisi waktu luangnya dengan membaca buku daripada menonton hingar–bingarnya televisi dan bermain game. Dalam keadaan ini, orang tua lebih mudah mengajak anak menyukai buku–buku pelajaran mereka, walaupun buku–buku itu tak menarik, karena pada dasarnya mereka telah terbiasa membaca sejak dini.

Sumber: kompasiana.com

  • share this post

TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014