• Articles

04 June 2015

Pendidikan Berbasis Montessori, Apakah Itu?


Saat ini banyak sekali sekolah yang menggunakan metode Montessori. Sekitar 20.000 sekolah di seluruh penjuru dunia telah mempraktekkan pendidikan Montessori ini dimulai dari bayi yang baru lahir hingga anak berusia 18 tahun. Apa sebenarnya yang membedakannya dengan metode lain? Yuk kita bahas sejarah dan ulas bagaimana cara metode ini membantu anak dalam menangkap sebuah konsep dalam belajar.

Sejarah
Pendidikan Montessori ini mulai dikembangkan oleh seorang praktisi pendidikan berkebangsaan Italia yang bernama Maria Montessori sejak tahun 1897 di Universitas Roma. Lalu ia memulai kelas pertamanya untuk 50 anak yang berusia 3-6 tahun di daerah kumuh di Roma pada tahun 1907. Ia melakukan berbagai observasi dan eksperimen pada anak dengan lingkungan, material dan pelajaran yang tersedia. Pendidikan Montessori mulai merambah Amerika Serikat pada tahun 1911 dan mulai terkenal di seluruh dunia. Walaupun ada beberapa kritik mengenai system ini tetapi Montessori tetap mengembangkan model ini berdasarkan perkembangan psikologi anak dan pendekatan pendidikan anak dari usia
0-3, 3-6 dan 6-12 tahun.

Elemen penting di dalamnya
Association Montessori Internationale (AMI) dan American Montessori Society (AMS) menyatakan elemen penting di dalamnya:

  • Kelas yang terdiri dari berbagai umur, kelas dengan anak berumur 2.5/3-6 tahun yang paling umum, juga ada kelas 6-12 dan 12-18 tahun.
  • Murid memilih sendiri aktivitas sesuai dengan pilihan yang disediakan
  • Kebebasan waktu
  • Teori pembelajaran "Constructivism" atau "Discovery" model, di mana
    murid belajar suatu konsep dengan bekerja menggunakan material bukan perintah langsung
  • Material pendidikan spesial yang dikembangkan oleh Montessori dan koleganya

 

Banyak sekolah yang menjadikan model Montessori sebagai referensi dalam mengembangkan materi pelajaran. Training bagi para guru menjadi sangat penting untuk dapat menggunakan model ini dengan tepat dengan berbagai alat untuk jenis latihan yang berbeda.

Kelebihan pendidikan Montessori

  • Anak dilatih untuk mandiri
  • Anak lebih memahami suatu konsep pelajaran dengan menggunakan sensorial
    materials (dapat disentuh), contohnya "sandpaper letter" untuk belajar
    huruf (alphabet)
  • Anak bebas memilih aktivitas yang diminati
  • Kebebasan waktu bagi anak melakukan aktivitas, contohnya anak berusia 4
    tahun bisa menghabiskan 1.5 jam mencuci 50 atau lebih kain kecil yang
    telah digunakan sepanjang pagi.
  • Melatih konsentrasi anak



Anak dapat belajar bahasa, matematika, budaya dengan menggunakan cara yang lebih menarik sehingga bisa mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Semoga Parents bisa memiliki gambaran tentang apakah sekolah yang berbasis Montessori dan dapat memilih sekolah yang terbaik bagi sang buah hati. 

 

Sumber : www.sekolah123.com

  • share this post

TRY OUT SBMPTN FUTURE DAYS 2017
TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014