• Articles

04 March 2015

Trik Menciptakan Pola Asuh Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak


Sumber: www.balitasehat.net/images


Pola asuh berpengaruh padakecerdasan anakanda, hal ini didasarkan oleh penelitian yang dilakukan bahwa 70% anak akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tua sedangkan 30% akan mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua pada anaknya. Sayangnya, hanya beberapa orang tua yang menyadari hal ini, dikarenakan kebanyakan orang tua memberikan pola asuh sepenuhnya pada pengasuh. Hal ini jelas salah dan membuat anak anda menjadi kehilangan peranan orangtuanya Mengingat pentingnya pola asuh yang baik dan benar dalam menunjang kecerdasan anak maka orang tua harus dapat memahami langkah-langkah yang dilakukan agar anak anda cerdas di kemudian hari.

 

Berikut adalah trik menciptakan pola asuh yang dapat meningkatkan kecerdasan anak anda :


1.    Lakukan eksplorasi lingkungan

Lingkungan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan anak anda salah satunya untuk mengenal alam. Dengan melakukan eksplorasi lingkungan bersama anak anda dapat membuatnya menjadi aktif dan meningkatkan rasa ingin tahu terhadap alam sekitarnya. Anda dapat membuat jadwal untuk membebaskan anak anda mengeksplorasi lingkungan seminggu satu kali misalnya di saat anda weekend. Ajaklah anak anda untuk menikmati alam sembari menggambar keindahan alam.

 

2.    Sesuaikan dengan Minat Anak

Setiap anak memiliki minat yang berbeda sehingga untuk menggali potensi anak anda sebaiknya berikan dukungan penuh pada bidang yang memang menjadi minat anak anda. Bila anak anda memiliki keseriusan pada bidang tertentu sebaiknya anda dapat mendukung untuk berlatih dan menjadi teman yang mengasikan bagi anak anda. Seperti memasukinya pada sanggar tari dan mengajarinya beberapa gerakan tari yang menyenangkan di rumah.

 

3.    Rajinlah membacakan buku pada anak anak

Memberikan pengetahuan melalui media seperti buku bacaan memang dinilai lebih mudah apalagi bila buku bacaannya memiliki gambar gambar yang menarik. Dengan sering dibacakan buku bacaan yang menunjang minat baca, lakukan sebelum anak anda tertidur. 

 

4.    Ajukan Pertanyaan Pada Anak

Seringlah anda mengajukan pertanyaan pada anak anda sehingga dapat memberikan penjelasan dan memancingnya untuk berargumen dan merangsang kemampuannya untuk berbicara. Anda dapat mengajaknya berdiskusi pada beberapa hal yang diminati oleh anak anda.

 

5.    Berikan Kesempatan anak anda untuk mengambil keputusan

Dengan membiasakan anak anda untuk mengambil keputusan maka akan membuat anak anda tampil percaya diri ketika dihadapi pada beberapa hal selanjutnya, melatih anak anda untuk mengambil keputusan sehingga berpikir analitis dan mampu merangkainya.

 

6.    Tingkatkan kesempatan untuk bersosialisasi

Semua pengalaman emosional yang didapat apalagi ketika berinteraksi dengan teman sebayanya akan membantunya dalam menjalin sel sel saraf pada otaknya sehingga berikan sosialisi yang seluas luasnya untuk mengekpresikan perasaannya, semakin baik maka akan membantunya dalam menjaga kecerdasan emosinya dalam menyampaikan rangsangan pada sel sel saraf diotak anak anda.

 

Hal ini menjadi salah satu acuan yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak sehingga menciptakan pola asuh yang baik dan benar untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan anak. Selain itu jaga kesehatan dan cukupi kebutuhan gizi anak anda sehingga di masa perkembangan otaknya yaitu periode emas dapat memiliki kesempatan untuk belajar.
 

 

sumber: bidanku.com

  • share this post

TOKO BUKU BERGARANSI
Quick Respon Togamas Malang

Cek Stok Buku Online (24 Jam)

Kini anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku di Outlet Togamas secara mandiri. Silahkan pilih kota dan ketik judul atau penulis buku yang ingin anda cari. Selamat Mencoba.

copyright www.togamas.co.id 2014